Hari Kebangkitan Nasional





HARI KEBANGKITAN NASIONAL 2023 




Mengutip dari laman Museum Pendidikan Nasional, Hari Kebangkitan Nasional adalah momen yang menandai tumbuhnya rasa kesadaran nasionalisme, persatuan, kesatuan, dan kesadaran masyarakat Indonesia sebagai suatu bangsa. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini mengacu pada tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo pada 20 Mei 1908.

Budi Utomo merupakan organisasi yang bergerak di bidang sosial, ekonomi, dan kebudayaan, namun tidak bersifat politik. Organisasi inilah yang kemudian mendorong munculnya organisasi-organisasi pergerakan lainnya. 



Image : museumpendidikannasional.upi.edu 9 Mei 2023 



Tanggal berdirinya Budi Utomo diperingati sebagai Harkitnas karena merupakan momentum kebangkitan nasional bagi bangsa Indonesia. Hari Kebangkitan Nasional ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur.

Pelaksanaan peringatan Harkitnas ini diatur melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 1 Tahun 1985 tentang Penyelenggaraan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

Pada tahun 2023 ini, Hari Kebangkitan Nasional jatuh pada hari Sabtu, 20 Mei 2023. Tahun ini merupakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-115.

Pedoman penyelenggaraan Hari Kebangkitan Nasional yang meliputi tujuan, tema, logo serta maknanya diatur dalam Surat Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 241/M.KOMINFO/HM.04.01/05/2023.



Tema Hari Kebangkitan Nasional 2023

Tema Hari Kebangkitan Nasional merupakan hal penting yang perlu diketahui. Tema Hari Kebangkitan Nasional dapat menjadi acuan dalam menyelenggarakan kegiatan berkaitan dengan peringatan tersebut.

Setiap tahunnya, Pemerintah Republik Indonesia merilis tema Hari Kebangkitan Nasional. Adapun tema Harkitnas 2023 tahun ini yang ditetapkan pemerintah, yaitu: "Semangat untuk Bangkit".



Logo Hari Kebangkitan Nasional 2023

Selain menetapkan tema Hari Kebangkitan Nasional, pemerintah juga merilis logo resmi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam peringatan Harkitnas. Logo ini dapat digunakan di baliho, banner, spanduk, hingga postingan di media sosial. 



Menkoinfo RI 2023 


Logo Hari Kebangkitan Nasional ke-115 mengusung tema 'Semangat untuk Bangkit!' divisualisasikan dalam logo yang mendeskripsikan nilai-nilai semangat dan kekuatan untuk bangkit menuju masa depan Indonesia yang lebih baik.



Menkoinfo RI 2023 


Setiap unsur dari logo tersebut memiliki maknanya masing-masing:
  • Garis lengkung pada angka 1 menyerupai bendera Indonesia: melambangkan keberanian dan kesucian
  • Tiga garis tegas berjajar menyerong ke kanan: merupakan sebuah simbolisasi dari jalan yang bergerak dinamis menuju kebangkitan Indonesia yang lebih tangguh
  • Bendera Indonesia: melambangkan kekuatan dan semangat untuk bangkit lebih kuat
  • Bentuk setengah lingkaran pada angka lima: melambangkan sebuah solidaritas dan gotong royong untuk membangun Indonesia maju.

Tujuan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2023
  1. Menumbuhkan semangat dalam memelihara, menumbuhkan, dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan sebagai landasan dasar dalam persatuan dan pembangunan.
  2. Menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara.
  3. Mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi bangsa ke depan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional 2023!

Semangat untuk Bangkit!






Sumber :
  • Deviani Ramdhania, Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) merupakan salah satu hari penting di Indonesia, https://museumpendidikannasional.upi.edu/hari-kebangkitan-nasional-harkitnas-merupakan-salah-satu-hari-penting-di-indonesia/ 9 Mei 2023. 
  • Urwatul Wutsqaa, Tema Hari Kebangkitan Nasional 2023, Lengkap dengan Logo serta Maknanya, https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6727885/tema-hari-kebangkitan-nasional-2023-lengkap-dengan-logo-serta-maknanya 19 Mei 2023 13.00 


*





9NETreaders 




Media Ekspresi antar Komunitas Literasi, Seni, dan Budaya 

e-mag / e-book berkala 



Edisi awal dicanangkan tertanggal Sabtu, 20 Mei 2023

Panduan berpartisipasi di sini 

Info edisi terbaru di sini 




*






© 2023 AKUNDAstudio Edumedi@rtAKUNDA.net |


.

Tidak ada komentar:

La PERSADA Nusantara

La PERSADA Nusantara
LaPERSADA Group icon

Kompilasi Grafis

Kompilasi Grafis
Images: ISTIMEWA

My WA Business

https://wa.me/c/6285606483432

Jasa Penulisan, Basic Writing, Editing, Layout