Sindikasi Cek Fakta

Upaya Kolaboratif Melawan Hoaks | Sindikasi Cek Fakta (SCF) | MoU CekFakta | Laporkan Hoaks 






Cek Fakta 


Mulai kapan ada jaringan cek fakta di Indonesia? 





cekfakta.com adalah sebuah sebuah proyek kolaboratif pengecekan fakta yang dibangun di atas API Yudistira oleh MAFINDO ( Masyarakat Anti Fitnah Indonesia ) dan bekerja sama dengan beberapa media online yang tergabung di AJI ( Aliansi Jurnalis Independen ) dan AMSI ( Asosiasi Media Siber Indonesia ) serta didukung oleh Google News Initiative dan Internews serta FirstDraft.

cekfakta.com pertama kali diluncurkan di acara ‘Trusted Media Summit 2018’ yang diadakan di Jakarta pada Sabtu, 5 Mei 2018 setelah penandatangan MOU oleh 22 Pemred dan Ketua Mafindo. 




Playbook | Buku Panduan Cekfakta.com 

Strategi dan Program CekFakta.com Mewujudkan Kolaborasi Periksa Fakta di Indonesia
Pada 5 Mei 2018, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) meluncurkan CekFakta.com, sebuah program kolaborasi cekfakta pertama di Indonesia. 

Apa latar belakang kerja bersama ini? Faktor apa saja yang membuat kolaborasi ini mampu bertahan dan terus relevan untuk komunitas pemeriksa fakta di Indonesia? Bagaimana strategi CekFakta.com untuk menangkal gelombang mis/disinformasi di Indonesia, terutama di masa-masa rawan seperti pemilihan umum? 

Buku panduan (Playbook) ini berisi delapan bab yang menyarikan pengalaman kerja CekFakta.com selama tiga tahun terakhir. Dimulai dari bab yang mengisahkan latar belakang pendirian CekFakta.com, proses kerjanya, prinsip dasarnya, aspek teknologi yang menunjang kolaborasi ini, sampai ke program kerja dan manfaatnya untuk media anggota jejaring ini. 

Buku panduan ini dibuat untuk menjawab semua keingintahuan publik soal dapur CekFakta.com, dengan harapan kisah ini bisa menjadi inspirasi dan petunjuk untuk siapapun yang ingin mempelajari inisiatif ini dan mereplikasinya di wilayah lain. Selamat membaca. 





Media Partner 

https://cekfakta.com/media


Hasil cek fakta - lihat arsip di ...
  • Detik | news | Detikcom adalah sebuah portal web yang berisi berita dan artikel daring di Indonesia. Detikcom merupakan salah satu situs berita terpopuler di Indonesia. Berbeda dari situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, Detikcom hanya mempunyai edisi daring dan menggantungkan pendapatan dari bidang iklan. Meskipun begitu, Detikcom merupakan yang terdepan dalam hal berita-berita baru (breaking news). Sejak tanggal 3 Agustus 2011, detikcom menjadi bagian dari PT Trans Corporation, salah satu anak perusahaan CT Corp. 

  • Kompas | news | Kompas.com adalah salah satu pionir media online di Indonesia ketika pertama kali hadir di Internet pada 14 September 1995 dengan nama Kompas Online. Mulanya, Kompas Online atau KOL yang diakses dengan alamat kompas.co.id hanya menampilkan replika dari berita-berita harian Kompas yang terbit hari itu. Tujuannya adalah memberikan layanan kepada para pembaca harian Kompas di tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh jaringan distribusi Kompas. Dengan hadirnya Kompas Online, para pembaca harian Kompas terutama di Indonesia bagian timur dan di luar negeri dapat menikmati harian Kompas hari itu juga, tidak perlu menunggu beberapa hari seperti biasanya. 

  • Tempo | news | Sejak 2008, Tempo.co telah lahir kembali dengan wajah baru dan sajian berita yang berkualitas. Kami berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang. Prinsip kami, enak dibaca dan perlu, bahkan jenaka pun bisa. Semua itu adalah upaya kami untuk membuat Indonesia lebih baik. Tempo, Untuk Publik, Untuk Republik. 

  • Kantor Berita Radio | news | KBR adalah penyedia konten berita berbasis jurnalisme independen yang berdiri sejak 1999. Dengan dukungan reporter dan kontributor terbaik di berbagai kota di tanah air dan Asia, produk KBR telah digunakan lebih dari 500 radio di Nusantara dan 200 radio di Asia dan Australia. Berita-berita KBR juga bisa disimak lewat website KBR.id, juga di media sosial di Facebook dan Twitter. Sepanjang usianya, KBR telah meraih beragam penghargaan nasional dan internasional untuk sepak terjangnya sebagai media serta karya-karya jurnalistik berkualitas. KBR adalah salah satu media yang sudah mendapat verifikasi dari Dewan Pers. KBR adalah satu-satunya media di dunia yang pernah mendapat penghargaan dari Raja Belgia, King Baudouin Award. 

  • Riau Online | news | RIAUONLINE merupakan portal berita yang menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik nasional dan Riau, Rantau Riau, internasional, bisnis, tekno life-style, bola, lingkungan, wisata, komunitas, netizen, dan rupa-rupa. Itu semua dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa tendensi atau prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya. 

  • Kabar Makassar | news | KabarMakassar.com atau KM adalah portal berita lokal pertama di Makassar yang lahir tanpa dukungan korporasi dan sindikasi media besar di daerah Sulawesi Selatan pada khususnya dan Indonesia Timur pada umumnya. Portal berbasis data yang berada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan ini diluncurkan pertama kali pada tanggal 29 Agustus 2009, oleh Gubernur Sulawesi Selatan Dr. Syahrul Yasin Limpo dan Wakil Walikota Makassar Alm. Supomo Guntur. KM awalnya berada di bawah naungan Yayasan Jurnalis Indonesia yang diinisiasi oleh tiga orang tokoh, yakni DR Abraham Samad, mantan Ketua KPK; Dr. Aidir Amin Daud, jurnalis senior yang sekarang tercatat sebagai Irjen Kementerian Hukum dan HAM Indonesia; dan Upi Asmaradhana aktifis jurnalis. Namun sejalan dengan perkembangannya, KM kemudian dikelola secara profesional, di bawah bendera PT Kabar Grup Indonesia atau PT KGI. 

*




Indonesia Fact Checking Summit 
2021 | 2022 | 2023 | 2024 | ... 


*




Riset Penulisan Cek Fakta 

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dan jaringan Cek Fakta yang terdiri atas Aliansi Jurnalis Independen (AJI) serta Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) sedang melaksanakan riset penulisan Cek Fakta bekerja sama dengan tim akademisi dari Universitas Media Nusantara. Riset ini dilakukan dengan, salah satunya, mengadakan survei.

Tujuan dari survei ini adalah untuk mendapatkan gambaran yang akurat serta input dari publik terkait dengan produk Cek Fakta, dari aspek format dan model distribusi. Hasil survei ini akan digunakan sebagai masukan perbaikan produk Cek Fakta agar publik membaca produk-produk cek fakta yang dihasilkan media jaringan Cek Fakta sebagai referensi melawan dis/misinformasi yang beredar di masyarakat.

Anda bisa berpartisipasi dengan mengisi survei di tautan berikut:

Survei CekFakta



*



Partisipasi Lembaga Perguruan Tinggi di Indonesia 



*



Penelitian Media Massa / Media Online / Press Media Watch 


*












updated 18e05

La PERSADA Nusantara

La PERSADA Nusantara
LaPERSADA Group - icon

Kompilasi Grafis

Kompilasi Grafis
Images: ISTIMEWA