Kolaborasi Lawan Hoaks

Trusted Media Summit 2018 :

Upaya Kolaboratif Melawan Hoaks 

Kolaborasi baru antara Aliansi Jurnalis Independen, Asosiasi Media Siber Indonesia, Masyarakat Antifitnah Indonesia, Internews dan Google News Initiative




Trusted Media Summit 2018, Kolaborasi Lawan Hoax 
Liputan6.com, Jakarta | 05 Mei 2018 - 14:47 WIB

Sejumlah survei menyebut, berita tidak benar alias hoax bakal menjadi salah satu alat yang digunakan dalam Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. Untuk menangkal hoax, 22 media online nasional dan daerah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) yang dituangkan dalam CekFakta.com.

CekFakta.com merupakan sebuah platform yang berisi hasil kolaborasi pengecekan fakta untuk melawan penyebaran berita bohong atau hoax.

Penandatanganan dilakukan di sela-sela Trusted Media Summit 2018, 5-6 Mei 2018 di Gran Melia, Jakarta Selatan. Trusted Media Summit sendiri diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo), Internews, dan Google News Initiative.

Sekjen AMSI Wahyu Dyatmika mengatakan, memberantasan hoax tidak bisa dilakukan sendiri. Harus ada kerja sama antara warganet, jurnalis, dan media. 

... read more 



Kominfo: Kepercayaan Publik Kepada Media Arus Utama Meningkat 
Liputan6.com, Jakarta | 06 Mei 2018 - 04:28 WIB

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo, R Niken Widiastuti, mengatakan tingkat kepercayaan masyarakat kepada media arus utama mengalami peningkatan. fenomena itu tampak dalam kurun 2017-2018.

Niken mengatakan di era digital saat ini ada pola komunikasi khusus dengan model 10:90. "Artinya 10 persen orang memproduksi hoaks kemudian 90 persen sisanya tanpa disuruh ikut menyebarkan hoaks," kata Niken menambahkan.

Hal itu ia sampaikan dalam dalam pelatihan bertajuk "Trusted Media Summit 2018" di Jakarta, Sabtu (5/5/2018), seperti dilansir Antara.

Ia memaparkan data pengguna internet di Indonesia saat ini sekira 106 juta jiwa dari 262 juta jiwa penduduk aktif menggunakan internet.

"Bahkan pengguna gawai di Indonesia sekira 371 juta, artinya satu orang lebih bisa lebih dari satu gawai. Sekitar 142 persen lebih jumlah gawai dari total penduduk, artinya informasi beredar sangat cepat tanpa diundang menyerang semuanya pemilik gawai," katanya.

Dengan kondisi tersebut, beragam informasi diterima masyarakat. Termasuk di anataranya, kata Niken, berita-berita bohong atau hoaks.

"Namun, dengan maraknya berita-berita bohong, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap media arus utama terus meningkat. Begitu pun kepercayaan masyarakat kepada pemerintah," tutur Niken. 

... read more 



Masuki Tahun Politik, Hari Ini 22 Media Online Nasional MoU CekFakta
TIMESINDONESIA, JAKARTA | Sabtu, 05 Mei 2018 - 14:15

Perhelatan demokrasi nasional 2018 dan 2019 tinggal menunggu waktu. Masing-masing berupa Pilkada Serentak pada 2018, serta Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden pada 2019. Menghadapi tahun politik itu, 22 media online nasional sepakat melawan hoaks dengan menandatangani MoU CekFakta di momen Trusted Media Summit 2018.

Penandatanganan ini dilakukan 22 media online nasional di Hotel Gran Melia, Jakarta, (5/5/2018). Kegiatan ini melibatkan komunitas antihoaks dan jurnalis yang tertarik untuk mengikuti diskusi dan pelatihan jurnalistik sebagai komitmen bersama untuk menghadirkan informasi yang tepat dan terpercaya kepada masyarakat.

MoU dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Kebebasan Pers Sedunia. Inisiator gerakan ini adalah Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo), Internews dan Google News Initiative. Mereka berkolaborasi dalam Trusted Media Summit 2018 yang digelar 5-6 Mei 2018.

Dalam kesempatan ini, Mafindo bersama media publikasi di Indonesia, meluncurkan CekFakta.com sebagai proyek kolaboratif pengecekan fakta dan bentuk komitmen untuk menghadirkan informasi yang tepat dan berdasarkan fakta.  

"AMSI percaya gagasan cek fakta ini akan menjadi terobosan yang dibutuhkan bangsa Indonesia untuk menyaring hoaks dan informasi yang salah. Khususnya, saat krusial seperti sekarang ini ketika bangsa Indonesia akan menghadapi Pilkada Serentak tahun 2018 dan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden pada 2019,” kata Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut. 

... read more 



Trusted Media Summit 2018: Upaya Kolaboratif Melawan Hoaks 
Jakarta, balipuspanews.com | 05/05/2018 - 3:13 PM

Upaya kolaborasi antara pemangku kepentingan di Indonesia menjadi sangat penting dilakukan dengan melibatkan organisasi-organisasi media Indonesia dan komunitas antihoaks untuk memastikan seluruh bangsa dapat mengakses sumber-sumber berita yang terpercaya sehingga publik bisa menentukan pilihan dengan tepat.

Sehubungan dengan itu, bertepatan dengan peringatan Hari Kebebasan Pers Sedunia, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo), Internews dan Google News Initiative berkolaborasi untuk menyelenggarakan Trusted Media Summit 2018 yang akan digelar pada tanggal 5-6 Mei 2018, bertempat di Gran Melia Hotel, Jakarta.

Kegiatan ini melibatkan komunitas antihoaks dan jurnalis yang tertarik untuk mengikuti diskusi dan pelatihan jurnalistik sebagai komitmen bersama untuk menghadirkan informasi yang tepat dan terpercaya kepada masyarakat. 

... read more 



Trusted Media Summit 2018, Upaya Kolaboratif Memerangi Hoaks Jelang Tahun Politik 
JOMBANG, FaktualNews.co | Sabtu, 5 Mei 2018 - 17:02 WIB 

“Verifikasi adalah salah satu standar dasar dari pekerjaan seorang jurnalis. Jadi, ini adalah bagian dari implementasi dari praktik good journalism,” kata Ketua Umum AJI Indonesia, Abdul Manan.

Sementara, Ketua Mafindo, Septiaji Eko Nugroho mengatakan pihaknya mendorong solusi integratif untuk melawan penyebaran hoaks di Indonesia. Selain gerakan edukasi literasi dan silaturahmi antar anak bangsa untuk meredam polarisasi, Mafindo juga berharap upaya gotong-royong melakukan cekfakta antara media siber arus utama bersama pegiat anti hoaks.

“Ini bisa menjadi salah satu solusi untuk meredam penyebaran hoaks di Indonesia,” tambah dia. 

... read more 





*




Sindikasi Cek Fakta (SCF) | Jaringan Cek Fakta | Kolaborasi Lawan Hoaks | Media Online Indonesia | MoU CekFakta | cekfakta.com | lapor hoax


*




Indonesia Fact Checking Summit 
2021 | 2022 | 2023 | 2024 | ... 


*














updated 18e05

Tidak ada komentar:

La PERSADA Nusantara

La PERSADA Nusantara
LaPERSADA Group icon

Kompilasi Grafis

Kompilasi Grafis
Images: ISTIMEWA

Jasa Penulisan, Basic Writing, Editing, Layout

Karya Puisi, Cerpen, Esai Anda di NegeriKertas.com

Karya Puisi, Cerpen, Esai Anda di NegeriKertas.com
http://www.negerikertas.com/

Puisi, Cerpen, Esai | Kedai Kopi | APAJAKE