Pulo Lasman Simanjuntak

Pulo Lasman Simanjuntak 
Penulis


image: Lasman Simanjuntak, facebook 18 September 2014 




Pulo Lasman Simanjuntak dilahirkan di Surabaya, 20 Juni 1961. Menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Publisistik (STP/IISIP-Jakarta). Belajar sastra secara otodidak. Hasil karya sajaknya pertama kali dipublikasikan sewaktu masih duduk di bangku SMP, yakni dimuat di ruang sanjak anak-anak Harian Umum Kompas tahun 1977. 

Ia dikenal sebagai penyair Angkatan ’80. Karya puisinya telah diterbitkan dalam 7 buku antologi puisi tunggal dan 17 buku antologi puisi bersama penyair seluruh Indonesia. Karya puisinya juga telah dimuat di berbagai media cetak, media online, dan majalah digital di Indonesia dan Malaysia. 

Namanya tercantum dalam "Buku Pintar Sastra Indonesia" dan "Buku Apa & Siapa Penyair Indonesia". Pada tahun 2021 mendapat piagam penghargaan SETYASASTRA NAGARI (30 tahun kesetiaan kepada Sastra Indonesia) oleh Lumbung Puisi Sastrawan Indonesia. Karya puisinya pada tahun 2022 ini mendapat juara tiga dan juara dua puisi pilihan komunitas sastra SASTRA NUSA WIDHITA, dan sebagian diterjemahkan (dialihaksarakan) ke aksara Arab-Melayu.

Hingga kini masih bekerja sebagai wartawan dan tinggal di Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Kontak via hp/wa 08561827332.

(kompilasi dari berbagai sumber) 



Aktivitas 


Karya Puisi 


image: Lasman Simanjuntak, facebook 15 September 2022 



Antologi puisi tunggal  



Antologi bersama 
  • Upacara Tanah Puisi (Masyarakat Literasi Jember, 2022) | doc link 



Penghargaan 
  • Puisi 'Pohon Itu Kesunyian (The Tree Was Silent, 2021)' mendapat Sertifikat Keunggulan dari Global Poetry Forum pada tanggal 17 September 2022. 







facebook Lasman Simanjuntak | instagram @lasman_simanjuntak | whatsapp








updated

La PERSADA Nusantara

La PERSADA Nusantara
LaPERSADA Group - icon

Kompilasi Grafis

Kompilasi Grafis
Images: ISTIMEWA