Hari Donor Darah Sedunia 2022

Peringatan Hari Donor Darah Sedunia 2022 setiap tanggal 14 Juni.

Momentum ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran yang lebih luas akan pentingnya ketersediaan dan penggunaan dari darah dan produk darah yang aman.
Penetapan Hari Donor Darah Sedunia juga didasarkan atas kesepakatan bersama oleh sejumlah organisasi, seperti WHO, Federasi Internasional Organisasi Donor Darah, Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, dan Perhimpunan Internasional Transfusi Darah.
Peringatan Hari Donor Darah Sedunia 2022 membawa tema "Donating blood is an act of solidarity. Join the effort and save lives", artinya "Mendonorkan darah adalah suatu tindak solidaritas. Bergabunglah dengan upaya dan selamatkan nyawa".

*


Sejarah Hari Donor Darah Sedunia

World Blood Donor Day pertama kali diperingati pada 14 Juni 2004, dengan tujuan awal membangun kesadaran akan kebutuhan donor darah.

Terpilihnya 14 Juni oleh WHO lantaran tanggal ini merupakan hari lahir Karl Landsteiner, seorang ilmuwan yang berjasa menemukan penggolongan darah. Dilansir dari laman OneBlood, Karl Landsteiner meraih Penghargaan Nobel bidang Kedokteran pada 1930 atas keberhasilannya dalam mengklasifikasikan golongan darah.
Landsteiner adalah orang pertama yang mengklasifikasikan darah manusia menjadi golongan A, B, AB, dan O. Penemuan dr. Landsteiner ini membawa perubahan besar bagi dunia kedokteran, terutama transfusi darah. Sebelum penemuan golongan darah, transfusi darah bukanlah metode aman untuk menangani seseorang yang kekurangan darah. Pasalnya, transfusi justru menyebabkan penggumpalan darah yang berujung pada kematian. Dikutip dari laman Nobel, pada 1901-1903, Landsteiner mempelajari efek mencampur sel darah merah manusia dengan serum dari manusia yang berbeda. Dari sana, ia menemukan bahwa campuran sel darah merah seringkali menyebabkan penggumpalan darah atau hemaglutinasi. Kala itu, para peneliti percaya bahwa hemaglutinasi terjadi karena penyakit tertentu. Namun, Landsteiner membantah lantaran dirinya mencampur darah dan serum dari orang yang sehat. Karl Landsteiner pun mulai menyadari, tidak setiap darah itu sama. Hingga akhirnya pada 1909, pria kelahiran Austria ini menemukan golongan darah manusia terbagi menjadi empat, yakni A, B, AB, dan O. Landsteiner juga menunjukkan bahwa transfusi antar golongan darah A atau B tidak menyebabkan kerusakan sel darah baru. Sebaliknya, penggumpalan akan terjadi ketika seseorang menerima transfusi darah dari golongan yang berbeda. Penemuannya ini memungkinkan dokter melakukan transfusi darah tanpa membahayakan nyawa pasien. Tak hanya soal golongan darah, Landsteiner pun menemukan bahwa karakteristik yang menentukan golongan darah merupakan sebuah warisan. Oleh karena itu, golongan darah dapat digunakan untuk memutuskan seseorang memiliki hubungan secara biologis atau tidak. Baca juga: Ramai soal Donor Kornea Mata, Bagaimana Syarat dan Prosedurnya? Tema Hari Donor Darah Sedunia 2022
Hari Donor Darah Sedunia 2022 mengusung tema, "Donating blood is an act of solidarity. Join the effort and save lives."
Artinya, "Mendonorkan darah adalah suatu tindakan solidaritas, Bergabunglah dengan upaya dan selamatnya nyawa."

Dilansir dari WHO, tujuan khusus kampanye tahun ini antara lain:
. Berterima kasih kepada para donor darah di dunia dan menciptakan kesadaran masyarakat yang lebih luas akan perlunya donor darah.
. Menyoroti kebutuhan donor darah sepanjang tahun untuk mempertahankan persediaan yang memadai dan mencapai akses universal serta tepat waktu ke transfusi darah yang aman.
. Mengakui dan mempromosikan nilai-nilai donor darah yang sukarela dan menciptakan solidaritas masyarakat.
. Menumbuhkan kesadaran akan pentingnya peningkatan investasi dari pemerintah untuk membangun sistem darah nasional secara berkelanjutan dan tangguh, serta meningkatkan pengumpulan dari donor darah sukarela tanpa dibayar.


Sumber:
Kompas.com 14 Juni 2022 | https://www.kompas.com/tren/read/2022/06/14/102900365/hari-donor-darah-sedunia-2022--sejarah-tema-dan-twibbon?page=all


.

Tidak ada komentar:

La PERSADA Nusantara

La PERSADA Nusantara
LaPERSADA Group icon

Kompilasi Grafis

Kompilasi Grafis
Images: ISTIMEWA

Jasa Penulisan, Basic Writing, Editing, Layout

Karya Puisi, Cerpen, Esai Anda di NegeriKertas.com

Karya Puisi, Cerpen, Esai Anda di NegeriKertas.com
http://www.negerikertas.com/

Festival Sastra Internasional Gunung Bintan (FSIGB) 2022 | Tanjungpinang

Festival Sastra Internasional Gunung Bintan (FSIGB) 2022 | Tanjungpinang
Jazirah Sebelas, Jazirah Duabelas, Jazirah Tigabelas