Terbitkan Buku Dengan QRCBN

#review | #repost | edukasi





image: Nurwebdo Haricahyadi, facebook 18 Juni 2021 


*




Nurwendo Haricahyadi
Terbitkan Buku Dengan QRCBN 



Selamat pagi sobat,

Beberapa hari lalu, saya banyak menyimak perbincangan di WA Group komunitas Penulis maupun di media online berkaitan dengan penundaan pemberian ISBN (International Standard Book Number) dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Banyak rumor yang beredar bahwa ke depannya Perpusnas bakal selektif dalam pemberian ISBN. Buku buku seperti antologi, bahan ajar kabarnya tak lagi diberikan ISBN oleh Perpusnas dan pihak Perpusnas menyarankan untuk beralih ke QRCBN.

Saya juga membaca di akun instagram sebuah Penerbit yang menawarkan penerbitan buku gratis dengan lisensi QRCBN.

Kaitan dengan QRCBN ini, saya lantas menjadi penasaran dan mulai mencari tahu. Sampai akhirnya saya mendapatkan informasi bahwa QRCBN atau singkatan dari Quick Response Code Book Number adalah sebuah Teknologi Pengidentifikasi sebuah Buku yang berbentuk Quick Response (QR) Code.

QR Code tersebut memuat detail Informasi buku, mulai dari detail Penulis, Buku dan juga detail Penerbit atau Self-Publisher.

Dengan menggunakan QRCBN maka sebuah buku lebih mudah dikenal dan ditemukan dari seluruh dunia.

Kemudian saya mencari lebih lanjut tentang QRCBN ini dan saya menemukan via mbah Google, sebuah website : www.qrcbn.com yang setelah saya buka merupakan website yang berfungsi membantu penerbit atau penulis menerbitkan sebuah buku dengan lisensi QRCBN.

Untuk bisa menerbitkan buku di website tersebut, saya harus mendaftar lebih dulu dan dalam pilihan di bagian pendaftaran saya memilih sebagai Self-Publishing.

Setelah selesai mendaftar maka saya mendapatkan email untuk verifikasi akun saya dengan email yang saya daftarkan. Setelah saya konfirmasi maka saya sudah bisa masuk ke akun saya dan siap untuk menerbitkan buku.

Saya menjadi penasaran untuk menerbitkan buku dengan menggunakan website www.qrcbn.com ini dan mendapatkan kode dan barcode QRCBN.

Saya lalu masuk (login) ke akun saya dan memilih Terbit Buku lalu muncul detail isian dari buku yang mau diterbitkan yaitu :

– Judul Buku
– Kepengarangan seperti Penulis atau Editor
– Deskripsi buku
– Edisi, Seri, Tanggal Terbit dan Jumlah Halaman Buku
– Url Cover
– Kelompok Usia Pembaca
– Kategori Buku
– Media Terbit
– Link Penjualan Buku

Detail isian untuk buku yang mau diterbitkan tersebut di atas kemudian saya isi. Namun saat menekan tombol : terbitkan, saya mengalami kegagalan terutama pada pengisian url cover. Kemudian saya menghubungi :

Hubungi Kami :
email info@qrcbn.com

Selanjutnya saya mendapatkan respon dari apa yang saya tanyakan.

Setelah mendapatkan jawaban lalu saya mencoba kembali mengisi isian untuk menerbitkan buku dan ketika selesai lalu saya tekan tombol : terbitkan

Beberapa saat kemudian ada pernyataan buku berhasil diterbitkan dan muncul kode dan barcode dari buku yang berhasil saya terbitkan seperti gambar di bawah ini :

Selesai sudah, sebuah buku berhasil saya terbitkan dengan lisensi QRCBN.

Alhamdulillah ..

Kemudian saya melanjutkan untuk menerbitkan buku kedua yang berlisensi QRCBN di website : www.qrcbn.com.

Tak sampai setengah jam, dua buku sudah terbit menggunakan lisensi QRCBN dan barcodenya lalu saya tempatkan di cover belakang buku yang sudah ada.

Kemudian saya menginstall aplikasi scanner QR dan Barcode dari Play Store. Saya akan membuktikan dengan aplikasi scanner tersebut, apakah barcode dari buku yang baru saya terbitkan benar benar berfungsi dengan baik.

Selesai menginstall aplikasi tersebut di atas lalu saya mulai menscanner barcode yang baru diterbitkan untuk buku saya. Scanner berjalan baik dan isi barcode dari buku bisa dibuka dan saya bisa melihat detail buku saya sesuai dengan yang saya isi saat mau menerbitkan buku.

Sebagai Self-Publishing yang saat mendaftar saya namakan DOVIRI974, saya sudah berhasil menerbitkan dua buku yaitu : 

Membangun Generasi Literasi di Era Milenial” – Seri 4 dengan QRCBN : 62-305-6345-649

dan

Membangun Generasi Literasi di Era Milenial” – Seri 5 dengan QRCBN : 62-305-5969-197

Bila benar nantinya pihak Perpusnas akan selektif dalam pemberian ISBN maka alternatif lain bisa menggunakan QRCBN sebagai pengidentifikasi unik dari sebuah buku.

Namun kemudian timbul pertanyaan, apakah QRCBN yang dikeluarkan oleh website www.qrcbn.com ini diakui dan digunakan secara resmi seperti halnya ISBN ?

Kita tunggu saja ..
Sobat, saatnya saya undur diri ..
Selamat beraktivitas ..
Salam sehat ..

NH
Depok, 28 April 2022



Source :
  • Nurwendo Haricahyadi, Terbitkan Buku Dengan QRCBN, https://www.kompasiana.com/nurwendoharicahyadi7578/626e959cbb448661c26d39c2/terbitkan-buku-dengan-qrcbn 01 Mei 2022 
  • Nurwendo Haricahyadi, Terbitkan Buku Dengan QRCBN, https://terbitkanbukugratis.id/nurwendo/04/2022/terbitkan-buku-dengan-qrcbn/ 28 April 2022
  • result: Membangun Generasi Literasi di Era Milenial” - Seri 4 <- https://www.qrcbn.com/check/62-305-6345-649 
  • result: Membangun Generasi Literasi di Era Milenial” - Seri 5 <-https://www.qrcbn.com/check/62-305-5969-197 


Note : konten ini dalam konfirmasi persetujuan pemuatan ulang (reposting).


*


image : facebook 27 Juni 2017 



Nurwendo Haricahyadi (anak kolong yang gemar menulis) 

facebook | kompasiana | Celoteh Nurwendo di YPTD | 


*









updated 22e06

Tidak ada komentar:

La PERSADA Nusantara

La PERSADA Nusantara
LaPERSADA Group icon

Kompilasi Grafis

Kompilasi Grafis
Images: ISTIMEWA

Jasa Penulisan, Basic Writing, Editing, Layout