Hari Bumi 22 April

Hari Bumi 22 April 2022 


Tema 2022: Invest In Our Planet 


*




Review | Berita Online | 



Jakarta - Hari Bumi Sedunia diperingati setiap tanggal 22 April. Di balik peringatannya, ada sejarah penting di mana terjadi perubahan gerakan dalam isu lingkungan kontemporer.

Setiap tahunnya, Hari Bumi diperingati dengan tema beragam. Tema ini diusung untuk memperjuangkan keadilan bagi isu lingkungan.

Sebelum kamu turut menyuarakan masalah lingkungan yang diresahkan di Hari Bumi 2022, kamu harus tahu terlebih dahulu tema apa yang dibawa. Simak ulasannya di bawah ini.


Hari Bumi 2022 Membawa Tema Invest In Our Planet 

Dilansir situs resminya, Hari Bumi tahun 2022 mengangkat tema "Invest our Planet" atau diartikan sebagai 'Investasi di Planet Kita'. Peringatan Hari Bumi 2022 juga menggunakan tagline "For Earth Day 2022 together, for everyone, everything, everyday".

Hari Bumi 2022 menjadi gerakan untuk mendukung percepatan perubahan sektor ekonomi yang berkelanjutan melalui berbagai regulasi, baik yang dilakukan oleh pemerintah, swasta/perusahaan, serta masyarakat.


Sejarah Hari Bumi 

Hari Bumi atau Earth Day lahir dari gerakan lingkungan berkelanjutan pada tahun 1970 di Amerika Serikat (AS). Mengutip dari Environmental Protection Agency (EPA), Hari Bumi lahir karena mengkhawatirkannya kondisi lingkungan di AS sebelum tahun 1970.

Saat itu, marak aktivitas pabrik yang menghasilkan asap beracun hingga dibuangnya berton-ton limbah beracun ke sungai terdekat. Bahkan perbuatan tersebut tidak bisa dihentikan dan tidak bisa ditindak ke meja pengadilan.

"Hal itu terjadi karena pada saat itu belum ada EPA, seperti tidak ada Clean Air Act dan Clean Water Act. Serta tidak ada mekanisme hukum atau peraturan untuk melindungi lingkungan kita," tulis EPA pada laman resminya.

Melihat kondisi seperti itu, Senator AS Gaylod Nelson, pada tahun 1970 menyertakan isu lingkungan berkelanjutan dalam agenda nasional AS. Nelson juga menjadi salah satu orang yang mengembangkan gagasan Hari Bumi di konferensi Seattle 1969.

Pada peringatan Hari Bumi pertama 1970, dua puluh juta orang Amerika berpartisipasi dalam demontrasi di berbagai kota. Gerakan tersebut dilakukan oleh ribuan sekolah dan komunitas lokal yang turut menyuarakan masalah lingkungan yang terjadi di AS.

Gerakan tersebut berhasil membawa dampak positif di AS. Terbukti pada Desember 1970, Kongres AS menyetujui pembentukan badan federal baru untuk menangani masalah lingkungan, yang dikenal sebagai Badan Perlindungan Lingkungan AS atau EPA.




Source:
  • Syena Meuthia - detikNews | Kamis, 21 April 2022 12:57 WIB | https://news.detik.com/berita/d-6043677/hari-bumi-2022-tema-dan-sejarah-di-baliknya 
  • Earth Day 2022: INVEST IN OUR PLANET | https://www.earthday.org/earth-day-2022/ 

*




Events 


Earth Day Livestream – April 22nd – Nature in the Race to Zero

EARTHDAY.ORG, together with our partners, is proud to present the Earth Day Climate Action Summit. We need to reach net-zero greenhouse gas emissions by mid-century to keep the global temperature below 1,5°C. Join us to learn about some key solutions that will help us deliver the greenhouse gas reductions needed by 2030 to meet the Paris Agreement. 


*




posting 2009 | 2021 | 2022 | 






.

La PERSADA Nusantara

La PERSADA Nusantara
LaPERSADA Group - icon

Kompilasi Grafis

Kompilasi Grafis
Images: ISTIMEWA