QRCBN

QRCBN 


QR Code Book Number | login | scan | 


*





Sosialisasi by Kusnan - Senin, 13 Jun 2022

DISKUSI KELOMPOK TERPUMPUN: TEKNIK MENERBITKAN BUKU BER ISBN & BER QRCBN BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA 


ISBN (International Standard Book Number) adalah deretan angka 13 digit sebagai pemberi identifikasi unik secara internasional terhadap satu buku maupun produk seperti buku yang diterbitkan oleh penerbit. 

Sedangkan QRCBN adalah aplikasi pengidentifikasi buku dengan teknologi terbaru dengan QR Code, di mana hasil pindainya akan menampilkan lebih banyak informasi tentang buku yang sudah diterbitkan. Layanan QRCBN sepenuhnya Gratis. Setiap Buku yang terbit akan memiliki Nomor Identifikasi yang berbeda. QRCBN menerbitkan QR Code Identifikasi Buku untuk perusahaan penerbitan atau Self Publishing


Mengapa harus QRCBN? 
  1. Bagi teman-teman penulis yang hanya menjual buku dengan jumlah sedikit atau hanya dikonsumsi untuk kalangan tertentu, QRCBN adalah solusi terbaiknya. Karena ISBN saat ini sudah tidak mengeluarkan barcodenya untuk penerbitan buku dalam jumlah yang terbatas. 
  2. Proses ISBN membutuhkan waktu yang lama. Bisa 2 minggu bahkan saat ini sampai 2 bulan lamanya. Dan kemungkinan tidak akan keluar lagi. Sementara itu, proses QRCBN hanya diperlukan waktu sehari bisa langsung mulai proses cetak. Jadi lebih praktis dan gak pake lama tentunya. 
  3. ISBN dan QRCBN sama-sama legal, dapat dipindai, mempunyai fungsi yang sama yakni sebagai identitas buku. Di dalam keduanya memiliki sejumlah informasi berupa cover, penulis, judul buku, sinopsis, jumlah buku dan tahun terbit. Namun, QRCBN lebih modern karena sudah bisa dipindai lewat gawai. Penggunaannya sangat mudah tinggal scan barcodenya langsung muncul identitas buku. Yang paling kerennya bisa langsung bayar atau beli sesuai dengan link yang terdapat di QRCBN tersebut. Jadi lebih mudah untuk melakukan transaksi. Bisa diakses di mana pun dan kapan pun tidak perlu harus lewat toko buku. 
  4. Dengan adanya QRCBN justru akan meningkatkan semangat menulis, mempermudah proses kreatif, mempercepat distribusi atau penerimaan karya dari penulis ke pembaca. Tidak lagi takut akan keterlambatan cetak dikarenakan tunggu ISBN turun. Langsung terbit, langsung cetak, langsung bisa dinikmati oleh banyak pembaca! 

Dengan adanya permasalahan ini perlu sekiranya ada solusi yang terbaik, satu di antaranya, Perpusnas tidak harus bergantung pada ISBN. Sebagai negara maju, Perpusnas sudah saatnya berani membuat nomor standar buku sendiri agar tidak ketergantungan pada ISBN. Dalam diskusi kelompok terpumpun telah menghadirkan narasumber langsung dari penerbit JV Creative.



*





Periksa identitas buku 

via link https://www.qrcbn.com/ 




QRCBN | aplikasi website | facebook



**





ISBN | ISSN | QRCBN | 



.

Tidak ada komentar:

La PERSADA Nusantara

La PERSADA Nusantara
LaPERSADA Group icon

Kompilasi Grafis

Kompilasi Grafis
Images: ISTIMEWA

Jasa Penulisan, Basic Writing, Editing, Layout

Karya Puisi, Cerpen, Esai Anda di NegeriKertas.com

Karya Puisi, Cerpen, Esai Anda di NegeriKertas.com
http://www.negerikertas.com/

Festival Sastra Internasional Gunung Bintan (FSIGB) 2022 | Tanjungpinang

Festival Sastra Internasional Gunung Bintan (FSIGB) 2022 | Tanjungpinang
Jazirah Sebelas, Jazirah Duabelas, Jazirah Tigabelas