Berhikmah Pada Peserta Didik

.

Brain-Globe | Blogger | WP  

Berhikmah pada Peserta Didik

Beberapa hal penting dan mendesak agar generasi 'manusia tua' mesti belajar-cerdas (berhikmah) pada kondisi peserta didik, antara lain :

  1. Bila dicermati dengan kejernihan akal budi, boleh dikata sudah menjadi pandangan umum, bahwa program pembinaan dan pendidikan bangsa akhir-akhir ini dirasa kurang menitik-beratkan pada kompetensi peserta didik secara proporsional.
  2. Sinergi antara perkembangan life skills kaum belia dan upaya menyiapkan generasi bangsa (lokal, regional, internasional) masih jauh dari harapan bagi keberadaan dan cita-cita manusia (masyarakat) madany.
  3. Generasi muda dapat terurus dengan baik, apabila proses pembelajaran sejak usia anak dan remaja senantiasa berpedoman atas fondasi akhlaqul karimah, melatih jiwa-raga peserta didik secara berkesinambungan, dan melibatkan mereka dalam ranah persaudaraan (perdamaian dunia) sejak dini.
  4. Generasi bangsa (baca: manusia secara keseluruhan) tidak perlu dibebani ambisi (kegagalan) ‘manusia tua’ (semoga teringat pepatah: ‘kebo nusu gudel‘). Fakta, generasi sebelum mereka seringkali memaksakan keinginan jangka pendek ‘manusia tua’, yang semestinya masih menjadi tanggung-jawab generasi tua bersangkutan untuk menempuh penyelesaian masalah di zamannya sendiri.
  5. Generasi muda, peserta didik, masih perlu bimbingan mendasar (kokoh, kukuh, kekeh) agar mereka mampu menyaksikan sendiri jawaban-jawaban atas pesoalan yang bakal dihadapinya di kemudian hari. Di zamannya sendiri kelak, mereka masih menghadapi sisa-sisa masalah yang ditinggal mangkat para generasi tua.
  6. Generasi zaman baru akan butuh membangun peradaban dan kebudayaan pada zamannya sendiri, diilhami oleh karya-karya besar para pendahulu dan tauladan kaum bijak-bestari.
  7. Generasi yang melahirkan dan mengantar peserta didik bangsa cukup pantas bersabar (betah, Jw.) mengelola ilmu dan alam, karunia Sang Pencipta.
  8. Generasi baru yang terbimbing dengan kecerdasan dan relijiusitas fitratillah, akan tabik mengambil ridho para guru dan orangtua, yang berarti juga dapat menerima keridhoan illahi.

Mudah-mudahan kita senantiasa sanggup berupaya mengatasi persoalan regenerasi bangsa / umat dengan jalan hikmat-bijaksana. [day_10D26]


Source: brainglobe, 26 April 2010 | Download Artikel emailto: brainglobe@gmail.com






*

AKUNDAstudio | AKUNDA.net |






.

Tidak ada komentar:

Kompilasi Grafis

Kompilasi Grafis
Images: ISTIMEWA

SMI Jatim

SMI Jatim
Serikat Musisi Indonesia Jawa Timur

STOP PRESS

STOP PRESS
Pornografi di Indonesia, ada yang tak setuju?

A+ LIKE Healthy Water

A+ LIKE Healthy Water
Dos isi 12 botol @ kemasan 591mL * harga reseller Rp125.000,- / dos * eceran Rp130.000,- / dos | Hub. https://wa.me/6281336538376 [sh2_20k06]